Bupati Taput Nikson Nababan Tegaskan Air Spam IKK Tarutung Harus Bersih dari Limbah Keluarga

Bupati Tapanuli Utara Dr Drs Nikson Nababan MSi meminta kepada pengelola Spam IKK Tarutung agar memperhatikan kualitas air di intake (penampungan awal sumber air) harus bersih dari limbah keluarga.

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Dr Drs Nikson Nababan MSi meminta kepada pengelola Spam IKK Tarutung agar memperhatikan kualitas air di intake (penampungan awal sumber air) harus bersih dari limbah keluarga.

Hal itu disampaikan dalam bagian bimbingan dan arahan Bupati pada Peresmian Pemakaian Air Minum Spam IKK Tarutung di Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Jumat (22/12/2023).

Perda

Lebih lanjut Bupati menegaskan, perlu peraturan daerah sebagai dasar hukum pengawasan untuk menghindari pencemaran air di Intake (Bendungan Penampung Air) Sungai Aek Butar.

“Karena ada 2.400 kepala keluarga yang menggunakan air ini. Maka kita harus benar-benar menjaganya 24 jam satu hari. Kawasan ini juga harus ada pengamanan. Pasang CCTV. Lakukan terus pelatihan teknis,” tegas Bupati.

Pada acara itu, Bupati didampingi Sekda Dr Drs Indra SH Simaremare MSi dan beberapa pimpinan OPD Tapanuli Utara. Turut hadir perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera II Buha Tambunan dan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Utara BPPW Steven Anderson.

Kata Bupati, pada tahun 2021 pembangunan sumber air baku untuk menambah debit untuk Kota Tarutung dan sekitarnya oleh pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai II Sumatera Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan pembangunan untuk SPAM Tarutung yang sumber airnya dari Aek Butar Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon.

Sempat Terhenti

Sebagai lanjutan pembangunan sumber air baku yang telah selesai sempat terhenti karena ketidakketersediaan anggaran, tetapi atas upaya Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang bolak balik ke Dirjen Cipta Karya memohon Bantuan Lanjutan Membuahkan Hasil. Serta tidak terlepas dari dukungan anggota DPR RI Sukur Nababan dari Fraksi PDI Perjuangan.

Sehingga pada Bulan Agustus 2022, Kementerian PUPR melalui Balai Perumahan dan Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara melakukan penandatangan kontrak kerja dengan multiyears.

Mujizat

Bupati juga mengatakan menerima banyak mujizat selama hampir 10 tahun kepemimpinannya. “Saya pribadi merasakan mukjizat yang nyata dalam pembangunan Tapanuli Utara khususnya terkait SPAM ini. Luar biasa. Berkat Tuhan buat kita yang telah memberikan jalan melalui orang-orang yang membantu hingga ini tercapai. Salah satunya peran putra daerah Tapanuli Utara Sukur Nababan tidak hanya masalah SPAM saja. Termasuk juga bedah rumah dan sebagainya. Kita patut berterima kasih yang setinggi-tingginya buat Bapak Sukur Nababan,” ujar Bupati mengawali.

“Mari kita segenap masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara bergandengan tangan saling menjaga sinergitas dan kerukunan dalam membangun Kabupaten Tapanuli Utara yang kita banggakan ini. Dan kita juga bersama-sama menjaga dan merawat segala fasilitas yang telah kita bangun. Saya juga turut mengucapkan terima kasih kepada teman-teman BWS yang sudah mendampingi kita. Kami tetap berharap kerjasamanya senantiasa terjalin dengan baik,” ujar Bupati mengakhiri.

Sudah Dialirkan

Direktur Perumda Mual Na Tio Lamtagon Manalu SSi MSP melaporkan, Launcing Pemanfaatan Pembangunan SPAM Tarutung, selama ini sudah mengalir dari IPA Aek Butar ke Reservoir R2 sepanjang 15 km ke pipa transmisi di Kota Tarutung dan Siatas Barita. Air telah mengalir di Sipoholon, Tarutung dan Siatas Barita. Wilayah Aek Ristop yang selama ini sangat rawan, sekarang sudah mendapatkan air.

Ke depan akan dilakukan penyempurnaan untuk melihat seperti apa kuantitas dan kualitas air yang didistribusikan dari hasil pembanguan SPAM. Yakni dengan melakukan konekting terdahap eksisting yang sudah ada. Sehingga pelanggan Perumda Mual Na Tio di tiga wilayah Kecamatan akan mendapatkan air

Terima Kasih

Terkait launcing oleh pimpinan OPD Tapanuli Utara, karyawan dan keluarga Perumda Mual Na Tio, Camat Tarutung, Siatas Barita, Sipoholon, dan warga pemakai, tokoh masyarakat Situmeang Habinsaran Jawara Situmeang, mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Nikson Nababan, atas perjuangan panjang mendapatkan pembangunan air minum. Sehingga masyarakat Sipoholon bisa mendapatkan air.

reporter | Jansen Simanjutak

Related posts

Leave a Comment